Teman Jeans Roek dalam “Punk N Roll Star”

Jeans Roek, satu dari sedikit band yang terbilang produktif.

 

Artikel : Johanes Jenito

 

HujanMusik!, Bogor – Inspirasi bisa datang dari mana saja. Dari mereka yang lebih senior maupun dari yang teman sebaya dan sepermainan. Jeans Roek memilih yang terakhir. Pertemanan seringkali membuat nyaman dalam pergaulan dan satu dekade karir permusikan band veteran pegusung rock n roll ini.

Karena teman jugalah, Sikoran (vokal dan gitar), pentolan Jeans Roek, bertemu gitaris barunya. Erezoid, sebelum mengiyakan tawaran Sikoran, adalah pegiat musik elektronika di Bogor. Kegemarannya ngulik dub-step Electronic Dance Music.

Sebuah warung kopi di bilangan Bondongan, Kota Bogor menjadi tempat yang mempersatukan Sikoran-Erezoid kembali. Bertahun-tahun silam, keduanya sempat duduk di bangku SMA yang sama. Sikoran adik kelas Erezoid. Saat itu, Sikoran telah terkagum-kagum dengan permainan gitar sang kakak kelas.

Pucuk dicinta ulam tiba. Erezoid mengangguk saat Sikoran menawarinya untuk mengisi part-part gitar di lagu yang tengah digarapnya. Lagunya adalah “Punk N Roll Star”, cover version milik Letterbomb dari mini album berjudul “1st Education of Punk n Roll” (2010).

 

Simak di HujanMusik! : Jeans Roek Melaju dengan Video Klip Baru

 

“Punk N Roll Star” membuat keduanya cocok. Erezoid pas bermain dengan warna musik Jeans Roek. Personel lainnya, seperti Nopa Anugrah (drum), Dwi Nugroho (bass) dan Idoyklik (keyboard), pun turut mengamini.

Lagu ini menceritakan arti dari punk dan rock n roll. Narasi liriknya ditulis oleh Def Pistols, Sang Vokalis Letterbomb. Letterbomb dikenal sebagai band garis keras yang memainkan senyawa campuran punk dengan rock n roll berlirik pemberontakan.

Di tangan Jeans Roek, roh pemberontakan “Punk N Roll Star” tetap dipertahankan, tak ada yang hilang. Sikoran dan koleganya cuma menambahkan layer-layer vokal dari Shania Meiriestiani, Novian Kalamallah dan Nopa Anugrah sebagai latar.

Demi mengenalkan lagu barunya, Jeans Roek merilis “Punk N Roll Star” dalam format video lirik di kanal musik YouTube, tepat pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Video tersebut menampilkan beragam footage dalam hitam putih. Hamawereng (Kamar Film) yang membuatnya. Adegan demi adegan berganti-ganti dengan cepat, menyesuaikan ritme dan tema lirik lagu. Lirik-lirik ditampilkan dalam font berukuran besar dengan huruf kapital berwarna merah darah.

Jeans Roek menggunakan Studio 143 untuk merekam “Punk N Roll Star”. Untuk mixing dan mastering, mereka menggunakan Taufan Musik Studio. Semua produksi dikerjakan di kota Bogor.

Saat ini mereka tengah mempersiapkan album baru. Konon dobel album. Judulnya sudah dipersiapkan, “For All My Friends I” dan “For All My Friends II”. “Punk N Roll Star” adalah salah satu pengisi materinya.

Redaksi HujanMusik! pernah menuliskan dalam artikel yang lalu bahwa konsep album baru Jeans Roek adalah kolaborasi dengan beragam teman, musisi dan seniman kota Bogor.

(Visited 40 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *