Ada “Emotions” untuk Kesehatan Jiwa

Tarrarin sukses merilis single "Emotions", hasil kolaborasi bersama Abraham Kevin.

 

Artikel : Johanes Jenito

 

HujanMusik!, Jakarta – Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Tak seorangpun menyangkal bahwa kunci kehidupan adalah sehat jiwa maupun raga. Sayangnya, manusia kerap abai pada kesehatan jiwa. Rasa cemas-gelisah dianggap biasa. Seolah tak berdampak pada aktivitas fisik

Namun Tarrarin dari band “Svummerdose” dan Abraham Kevin, yang jebolan Indonesia Idol 2018, sungguh menyadarinya. Demi kepeduliannya pada isu kesehatan jiwa, mereka berkolaborasi dengan wadah maya sosial bernama Kegelisahart untuk merilis lagu single “Emotions”. Rilisan tersebut telah beredar sejak awal Mei 2020 di berbagai kanal media pemutar musik maya.

“Emotions” diawali dari ide I Made Suri Pandhu yang pendiri Kegelisahart. Wadah maya ini adalah sarana berkumpulnya para penyintas kegelisahan yang bereksperesi lewat karya, alih-alih memendam resah. Lagu dan bernyanyi adalah salah satu medianya.

Lirik “Emotions” diciptakan Tarrarin dalam Bahasa Inngris. Ia mendapatkan insipirasi dari cerita nyata Kevin dan Pandhu. Keduanya secara jujur berkisah tentang perjuangan hidup yang tak kenal lelah menghadapi anxiety disorder, rasa cemas berlebihan.

 

Simak di HujanMusik! : “When Im Alone”, Suguhan Plot-Twist dari Rafi Sudirman

 

Abraham Kevin

Musiknya dibuka dengan petikan gitar akustik. Tenang dan kalem. Kevin masuk pada verse pertama lagu. Sementara Tarrarin kebagian menyanyikan verse kedua. Vokal keduanya berpadu harmoni pada chorus. Demikianlah mereka berbagi peran di sepanjang lagu yang hanya diiringi oleh instrumen clean gitar.

Sepanjang tiga menit empat belas detik, “Emotions” mengajak para pendengarnya untuk peduli pada kesehatan mental. Semua orang bisa gelisah. Tapi jangan biarkan diri untuk terus menerus tenggelam dalam kegelisahan. Lebih baik bangkit dan berkaryalah.

Pesan “Emotions” bangkit dari gelisah juga tergambar pada artwork yang menyertai publikasi lagu ini di dunia maya. Berbasis karya seni kolase, warna-warna di dalamnya memiliki serangkaian arti. Yang paling menonjol adalah warna merah. Ia memberi pesan keberanian untuk melawan anxiety disorder. Sementara warna lainnya menggambarkan campuran emosi yang timbul saat terintimidasi oleh suatu keadaan atau peristiwa.

Demi membumikan pesan “Emotions”, Kegelisahart-pun tengah mempersiapkan event off-air. Pelaksanaannya menunggu pandemi Covid19 berakhir. Event tersebut meliputi talkshow tentang anxiety disorder bersama para pakar di bidangnya dan konser mini Terrarin-Kevin.

Publik sungguh patut memahami arti penting kesehatan jiwa. Agar Mens Sana in Corpore Sano semakin benar adanya.

(Visited 20 times, 1 visits today)

1 thought on “Ada “Emotions” untuk Kesehatan Jiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *