Bahagianya Ratih Putria

Ratih Putria, talenta musik asal Bandung merilis single "Buatku Bahagia"

Ratih Putria, talenta musik asal Bandung merilis single "Buatku Bahagia". Foto : dok.Ratih Putria

 

Artikel : Johanes Jenito

 

[HujanMusik!], Bandung – Kebahagiaan selalu punya cara untuk diekspresikan dan dipahami oleh orang-orang di seluruh dunia ketimbang emosi lain. Bentuknya bisa sesederhana ukuran senyum, kerutan yang terlihat di dekat mata dan beragam bahasa tubuh lainnya. Bagi Ratih Putria menulis lagu dan menyanyikannya adalah ekspresinya. Tentang bahagianya Ratih Putria

Pilihannya tak salah. Ratih memang tumbuh dan berkembang dalam keluarga yang menyukai musik. Ia mengakrabinya musik sejak kecil. Ayahnya, Ferry Atmadibrata, composer dan arranger generasi 70-an. Dari beliaulah Ratih mengalami evolusi bermusiknya.

Pada Jumat, 10 April 2020 Ratih menularkan kebahagiaannya melalui lagu single berjudul “Buatku Bahagia” lewat beragam kanal musik digital. Rilisan ini adalah langkah awalnya memulai proyek solo di luar kolektif bermusik sebelumnya.

 

Simak di HujanMusik! : ““Sudah Biasa” Pergulatan dalam Riani Sovana”

 

“Buatku Bahagia” ditulis Ratih berdasarkan pengalaman pribadi. Narasinya adalah tentang manisnya cinta masa remaja saat duduk di bangku SMA. Ia ingin berbagi kebahagiannya saat dekat dengan seorang lelaki hingga berlanjut dalam rajutan cinta anak muda.

Notasi lagunya ceria dan ringan dengan balutan pop-jazz berteknik, walau tetap mengedepankan konsep easy-listening. Bebunyian brass-section dari alat musik tiup trumpet, flugel horn dan tenor saxophone menimpali di sana-sini. Ringannya lirik menambah seimbang komposisi lagu ini.

Billy Ramdhani, yang turut meniup saxophone di lagu ini, bertindak sebagai produser bersama Ratih. Billy merekamnya di Studio Cilamenati, Kota Bandung. Yura Yunita, Tulus dan Barasuara adalah sebagian artis yang pernah merasakan sentuhan tangan dingin Billy di blantika musik nasional.

Sebelum bergumul dengan proyek solo, Ratih dikenal publik skena indie sebagai bagian dari kolektif bermusik Bleu House, KAAWG dan Dimasta N’ Friends. Sejak 2018 ia telah melintasi berbagai panggung-panggung indie seputar Jakarta-Bandung

Rasanya tak salah bila menyebut bahwa perjalanan eksplorasi Ratih dalam dunia musik selama ini adalah salah satu jalan kebahagiaanya.

 

(Visited 22 times, 1 visits today)

1 thought on “Bahagianya Ratih Putria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *