Daya Rengkuh Baru Sirati Dharma

Sirati Dharma, psychedelic rock asal Jakarta merilis "Into The Sun".

Sirati Dharma, psychedelic rock asal Jakarta merilis "Into The Sun". Foto : dok.Sirati Dharma

 

Artikel : Anggitane

 

[HujanMusik!], Jakarta – Tempayan berbahan kaca berisi cairan itu tampak bergetar, riak cairannya mengikuti dentuman bidang yang dibawahnya. Kecil saja, namun tampak jelas ada pergerakan. Cairan yang telah tertuang memenuhi segenap ruang hampa yang ditinggalkan. Bebatuan yang dimasukkan tak jadi halangan untuk berbilang, menunjukkan apa yang menjadi penghalang tetap ia terjang. Seperti halnya narasi musik Sirati Dharma yang mencoba titik rengkuh segala daya dalam singlenya, ”Into The Sun”

Setahun lalu psychedelic rock asal Jakarta itu telah merilis lagu “Bias” dalam lirik berbahasa Indonesia, kini ”Into The Sun” kembali dituliskan Sirati Dharma liriknya dalam bahasa Inggris. Sejak 2014, saat Pandji Dharma (guitar/vocal/synth), Sirati Hutama (Drum) dan Doys Christopher (Bass) merengkuh jejak musik proyek mereka, kebanyakan menuliskan lagunya dalam bahasa Inggris. Meski telah teruji mampu membawakan “Bias” dalam bahasa Indonesia, pada akhirnya dengan alasan lebih nyaman dan lebih mampu menge-luarkan isi kepala, ”Into The Sun” dituliskan dengan cara yang demikian.

 

Simak di HujanMusik! : “Petualangan Sound Megah Sirati Dharma di Ujung Pendengaran”

 

“Single Into The Sun bercerita tentang jika ingin mencapai sesuatu jangan pantang menyerah dan jangan bergantung kepada pen-dapat orang lain, karena untuk mencapai keinginan (dalam lagu ini digambarkan seperti matahari), keputusannya berada sepenuhnya di tangan kita sendiri,” ungkap Pandji, produser musik untuk single ”Into The Sun” dalam tulisannya yang dikirim kepada HujanMusik!.

Sirati Dharma pertama kali mendapat perhatian lebih dari pecinta musik psychedelic sejak rilisnya EP Perdana mereka yang bertajuk “7” dan juga beberapa single lainnya. Kini Sirati Dharma digawangi oleh Pandji Dharma (vo-cals/guitar/synth), Doys Christopher (bass/synth), Vareza (guitar), Rerez(synth/tambourine), dan Widmos (Drum).

Single ”Into The Sun” ini lemparan kode, sekaligus bocoran dari album baru Sirati Dharma. Album yang akan segera dirilis tahun ini. Lagu ”Into The Sun” masih memberikan ciri khas Sirati Dharma, suara distorsi gitar yang meraung dengan berbagai time-based effect, synth yang membalut keseluruhan musik, suara bass yang mencekam. Bedanya, dalam single ini Panji mengeluarkan daya talentanya dengan bereksperimen, demi untuk lebih memunculkan vocal, agar lirik dapat mudah terdengar sehingga makna musiknya lebih cepat berinteraksi dengan pendengar.

“Into The Sun” dirilis oleh Palm House Records. Secara resmi ia telah meluncur pada hari Jumat 17 April 2020, meski situasi pandemi Covid19 menghadang proses. Mereka tanpa takut dan tak merasa terhalang oleh pandemi, melepas “Into The Sun” yang dapat didengarkan di Spotify, Apple Music, Deezer, dan berbagai Digital Streaming Platform lainnya.

(Visited 116 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *