Langit Hijau Masa Kecil Greenfeel

Greenfeel, unit shoegaze Bogor merilis single perdana

Greenfeel, unit shoegaze Bogor merilis single perdana. Foto : dok.Greenfeel

 

Artikel : Anggitane

 

[HujanMusik!], Bogor – Seperti menerawang langit, menembus kedalaman lautan. Intro gitar itu begitu memikat, menenggelamkan kalbu masa lalu yang sarat kenangan. Saya sudah patah sejak awal, dikoyak-koyak bayangan masa kecil yang menyenangkan. Merasakan betul hembusan kegembiraan, optimisme masa depan, persis seperti kanak-kanak melukiskan cita-citanya.

Sungguh ini adalah shoegaze yang membahagiakan. Takaran refrain panjang, bunyi gitar yang berdengung dengan gelombang distorsi dan riuhnya efek feedback.

Persis seperti saat saya menikmati pembukaan “The Trails Of Little Creature”-nya Greenfeel, unit shoegaze/post rock yang personilnya domisili antara Bogor-Tangerang itu.

Dengan mudahnya saya menebak jenis permaian macam apa yang hendak disuarakan gitaris Firman Aris Kuncoro. Sosok yang saya kenal militan terhadap post rock, utamanya pada band lamanya, Adopta. Pola permainan Aris bersisihan dengan Harry Zulhazs yang tak kalah dalamnya, sebagaimana sound-sound gitar yang ditimbulkannya dalam band Shoegaze Tangerang, See The Eye.

Sementara vokalis Yudith menyajikan artikulasi mengambang saat melantunkan lirik “The Trails Of Little Creature” yang sarat kisah-kisah masa kecil. Pun tetap dalam intonasi datar. Gaya yang hampir mirip dengan Bilinda Butcher saat bernyanyi untuk My Bloody Valentine.

 

Simak di HujanMusik! : ““Fearless”, Lontaran Ambient Miftah Bravenda

 

Pun halnya dengan dukungan bass Indra dan drum Billy, terdengar dalam ambang mendukung susunan nada yang terbentuk tanpa saling mendominasi.

Greenfeel tampaknya menyaru dalam pewarnaan hijau meski para pengusungnya menyepakati permainan rock melambat. Membawa cerita yang cukup dalam meski musik yang dihasilkannya tak semudah percabangan rock lainnya diterima telinga awam.

Terbentuk pada 2017 akhir, Greenfeel menyandarkan kekuatan penuh kepada Billy Irian (drum), Indra (bass), Firman Aris Kuncoro (gitar), Harry Zulhazs (gitar) dan Yudhitaprawesti Shahranuwiragusti (vokal).

“The Trails Of Little Creature” Merupakan single perdana mereka yang telah melewati proses rekaman pada 2018.

Single yang bertutur tentang langkah anak kecil yang memasuki masa tumbuh kembang. Lirik lagu ini ditulis Yudith saat mendengar petikan gitar Firman Aris yang secara tak sengaja terekam suara anak kecil yang sedang tertawa girang

Lantas jadilah “The Trails of Little Creature” dalam warnanya yang sekarang.

Single berdurasi 5 menit 21 detik ini dirilis secara digital di Bandcamp pada awal April 2020 lalu. Dengarkan lagunya, kenanglah masa kecil selagi bisa. Sebab esok sudah harus memperjuangkan harapan.

Selamat Greenfeel atas rilis lagunya.

 

(Visited 171 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *