Jalan Musik dan Sosial The Highway

The Highway, pengusung rock asal Bandung rilis mini album setelah 5 tahun berproses. Foto : dok.The Highway

 

Artikel : Anggitane

 

[HujanMusik!], Bandung – Kabut sedikit tebal turun dan menghalangi pandangan. Jalur jalan cepat Cipularang belum lama menampakkan kabar mengerikan, kecepatan kendaraan terpaksa saya pelankan. Sementara rock dan punk penggelora adrenalin tengah deru-derunya terdengar dari pemutar audio mobil. Jalan raya terasa lengket saat saya berada pada pilihan, memacu kendaraan demi cepat tiba di Bandung, atau menahan laju dengan penuh kehati-hatian.

Lalu saya memilih menikmati keduanya. Membiarkan The Higway berseru memenuhi kabin mobil yang dibuat bersamaan tahun orang tua saya menikah. Pada sisi yang lain memusatkan perhatian pada jalan dengan tenang.Sementara The Highway berturut-turut melebur bersama “Makna”, “Lepas” dan “Elora”.

Dua lagu terputar pertama merupakan rilisan single milik kolektif yang terdiri Haddid Ewok (vocal, guitar), Indrabayu (guitar), Beckster (Bass), serta Repa Danny (drum) dalam The Highway. Meskipun terbilang pendatang baru, band asal Bandung ini cemerlang lewat dua rilisan single yang mendapat ulasan dan respon baik dari berbagai pihak.

Kini, setelah lima tahun perjalanan kebersamaan, The Highway mencatatkan “Demos” sebagai mini album pertama mereka. Sebuah proyek merumahkan karya dalam satu panduan, meski pendapat yang muncul band ini cenderung memilih tema dan musik cukup berat.

Simak juga di HujanMusik! : Pintasan Rock Keabadian Lamebrain

“The Highway adalah kehidupan sehari-hari serta musik yang diperdengarkan adalah bahasa universal yang mewakili rasa lagu. Begitu pula kata – kata yang digunakan dalam lirik bukanlah istilah-istilah yang sulit dengan abstraksi tinggi,” tulis pihak band, sebagaimana dikutip dari rilis media mereka kepada HujanMusik!.

“Demos” diambil dari Bahasa Yunani yang memiliki arti masyarakat. Dari sini terlihat bahwa mereka mencoba meng-analogi-kan musik mereka agar lebih diterima oleh masyarakat pada umumnya. Disisi lain, mereka juga mencoba membuat pasar mereka sendiri yang pada akhirnya menjadi masyarakat mereka sendiri.

Lirik-lirik lagu dalam “Demos” ditulis oleh Haddid Ewok yang kemudian disempurnakan oleh Indrabayu, Beckster dan Danny. Ada 5 lagu yang mereka tawarkan, yaitu “Save”, “Selamat jalan”, “Makna”, “Lepas” dan “Elora”.

“Save” adalah track pertama yang bercerita tentang dampak dari peperangan yang hanya dapat memberikan kepedihan. Karena tema lagu ini gelap, track ini dibalut dengan aransemen yang sangat gelap. Pada lagu ini Anggi Ariadi yang merupakan vokalis dari Revenge The Fate memberi kontribusi pada pertengahan lagu. Sedangkan “Selamat Jalan” adalah track yang berkisah tentang kehilangan seorang sahabat terdekat. Dibalut dengan lirik yang puitis namun dengan aransemen musik yang emosional, dramatis.

Album ini juga memasukkan “Makna” yang menjadi single pertama The Highway dan dirilis dalam bentuk video klip pada tahun 2018. Berkisah sisi traumatis yang dialami oleh korban bully dengan sisi perspektif sebagai korban itu sendiri. Sebuah lagu yang mencoba memberikan pesan untuk Stop Bullying.

Pada akhir tahun 2019 “Lepas” dirilis sebagai single kedua The Highway. Lirik motivasi dengan musik yang lebih ringan dalam aransemen yang unik. Pada pertengahan lagu Ijes yang merupakan vokalis dari Agnimaya dan Haybomb menghiasi lagu ini. Lagu lepas dirilis dalam bentuk Video Lirik oleh.

Sementara “Elora” adalah lagu Pure Saturday yang ramai dikenal pada awal 2000an. The Highway berinisatif untuk mengaransemen ulang lagu tersebut. Mencoba mengemas ulang lagu pop a.la Pure Saturday, dikombinasikan dengan music rock The Highway. Hasilnya lagu ini terdengar unik. The Highway memberikan sentuhan Hardcore dengan notasi nada mayor, juga sedikit beat a.la Nirvana.

Mempelajari karakter lag-lagu dalam “Demos”, saya sepakat jika jangkauan musik The Highway berkisar antara Rock dan Punk yang mereka kemas secara apik dan penuh adrenalin. Semua warna musik tiap personel diformulasikan menjadi karakter The Highway yang masih terus berkembang.

Pada akhirnya “Demos” diharapkan menjadi bukti otentik dan tanda keberadaan The Highway di dunia musik.

(Visited 20 times, 1 visits today)

1 thought on “Jalan Musik dan Sosial The Highway

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *