Rindu Patah Hati Ujung Nada Endah N Rhesa

Endah N Rhesa, duo musikus yang terhitung produktif merilis karya. Foto : dok.Endah N Rhesa

Artikel : Anggitane

[HujanMusik!], Tangerang Selatan  – Kelana rindu menghujam berurutan. Menerkam batin kesepian yang telah puas melalui 6 purnama. Menemukan kisah untuk diceritakan kepada generasi keturunan khususnya dan khalayak ramai umumnya. Bahwa kebahagiaan tak semata milik individu-individu penuh kuasa, setitik di pelosok tanpa sinyal pun rindu tetaplah menyimpan nyala dan harapan. Kelak para pengelana akan pulang.

Paragraf satir pembuka diatas mungkin tak ada hubungannya dengan rilis lagu “Summertime I’m Missing You” milik Endah N Rhesa yang baru. Lagu sedih nan mendayu yang menemani mereka yang tidak terlalu bahagia di hari kasih sayang. Dengan musik bernuansa blues, tempo lambat, melodi gitar nan menyayat mengiringi Endah yang bernyanyi dengan espresif memberikan kesan sedih tak berkesudahan. Nyata-nyata sebuah lagu patah hati yang berbalut kerinduan, seperti rindu terhadap seseorang yang tidak mungkin dimiliki dan kegelisahan menghadapi rasa tidak berdaya.

“Midnight, gone too soon. I hope to stay longer with you. I know, it’s impossible. By the time, I’m gonna be alone.”

Disitulah saya menemukan rindu menjadi titik temu kedua situasi diatas. Temu rindu antara harapan dan keluhan.

Bola rindu terkadang menggelinding dengan anake adegan drama. Meski tetap ada rasa manis ketika ada banyak kemungkinan yang positif terjadi di balik itu. Namun, ketika tahu bahwa hal yang kita inginkan tak selalu berujung manis, yang terjadi justru perasaan campur aduk.

“Ya, beginilah rasa yang ada di lagu ini. Meskipun begitu, memang harus siap menghadapi kenyataan jika rindu akhirnya memang tidak berbuah manis seperti yang dibayangkan. Ujung-ujungnya, ya, menikmati kesendirian”, ujar Endah, seperti dituliskannya dalam rilis media yang ditujukan untuk HujanMusik!.

Sesuatu yang tak umum untuk Endah N Rhesa merilis lagu sendu saat valentine kemarin sedang ranum-ranumnya dinikmati pasangan. Merilis lagu sedih diantara harapan kebahagiaan. Namun demikianlah adanya kenyataan, bahwa tidak semua orang bisa bahagia di waktu yang bersamaan.

“Summertime I’m Missing You” menjadi single keempat dari album “Regenerate” yang rilis bulan Juli 2019 lalu. Lagu ini merupakan track kedelapan dari total sepuluh lagu yang terdapat pada album tersebut. Endah N Rhesa juga merilis video lagu “Summertime I’m Missing You” di kanal youtube mereka.

“Konsep videonya terinspirasi dari sketsa gambar dan komik. Video juga menggunakan huruf mesin ketik yang memberi kesan vintage dan cocok dengan sound serta nafas lagunya.”, ujar Rhesa.

Sementara album “Regenerate” merupakan album kelima Endah N Rhesa yang mereka produseri sendiri.

Endah N Rhesa adalah sepasang musikus (suami-istri) dengan format duo (bass, gitar-vokal) bernuansa akustik minimalis yang berdomisili di Pamulang, Tangerang Selatan. Mereka baru saja merayakan 10 tahun pernikahan dan 15 tahun berkarya dengan merilis buku tentang pertemuan dan perjalanan karir berjudul “I’m All Ear’s : Endah N Rhesa Music Journey” yang ditulis oleh Eko Wustuk.

Duo musikus ini cukup ramai mengirim karya-karyanya kepada khalayak. Bahkan pada masa-masa awal saya mendengarkan lagunya, saya berusaha sekuat tenaga mendatangkannya untuk tampil di tepian Ciliwung Sempur, Bogor. Satu artis yang saya sodorkan kepada rekan-rekan Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) Bogor kala mereka merayakan 3 tahun mulung sampah di sungai Ciliwung.

Album “Regenerate” sudah tersedia di toko-toko album fisik (CD) dan juga layanan streaming musik digital. Termasuk di website www.earmerch.com dan jaringan distribusi demajors lainnya.

(Visited 26 times, 1 visits today)

1 thought on “Rindu Patah Hati Ujung Nada Endah N Rhesa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *