Dialog Diri Karya Mandala

Db Mandala, penyanyii muda R&B merilis single kedua untuk album perdananya. Foto : dok.Db Mandala

Db Mandala, penyanyii muda R&B merilis single kedua untuk album perdananya. Foto : dok.Db Mandala

Artikel : Anggitane

[HujanMusik!], Depok  – Gemericik bebunyian menyingkap keheningan pagi, berembun bersama kokok ayam kampung yang terdengar di kejauhan. Sesekali burung liar memanggil-manggil kawanannya untuk menyambut fajar melepas subuh. Momentum yang jarang bisa ditemui di kawasan urban. Begitulah cara semesta bekerja, mempertemukan apa yang tak mungkin menjadi mungkin. Seperti pagi yang bertemu rap R&B.

Paduan suara alam itu nyaris menyamarkan hentakan ringan musik pengiring dari penyanyi Dian Bayu Mandala Putra a.k.a Db Mandala yang memang terdengar samar dari perangkat kerja yang sejak semalam lupa dimatikan.

Memperkenalkan dirinya sebagai bagian dari kolektif Hip Hop Spacekidz, Db Mandala memilih tampil dengan namanya sendiri. Merilis “Stop Lyin To Yourself” sebagai materi perdana tahun 2020, sekaligus bahan bakar memanaskan tahun ini dengan album perdana “Home Is Where the Heart Is” yang sedang dalam proses perampungan. Single baru, menyusul single pembuka “Under the Moonlight” yang sudah lebih dulu rilis September 2019 lalu.

Single ‘Stop Lyin’ to Yourself’ tercipta berkat inspirasi pengantar tidur yang kerap menderanya. Percaya dengan keberadaan higher-self pada diri masing-masing manusia. Melalui lagu ini Db Mandala ingin berterimakasih atas hadirnya higher-self pada dirinya yang menemaninya selama perjalanan hidupnya.

Lalu ‘berhenti bohongi diriumu’ menjadi pesan untuk pendengarnya, agar menerima kenyataan dan berani meyakini dan tampil dengan diri mereka sesungguhnya. Pendeknya, sebuah ungkapan untuk menerima masa lalu yang menjadikan siapa diri kita saat ini.

Db Mandala tampil sebagai seorang penyanyi R&B muda pada 2017 silam. Hal itu ditandai dengan merilis EP pertamanya bertajuk “Trippin’ About You, Alone dan See You In Heaven” tahun 2018. Produktifitasnya berlanjut pada awal tahun 2019 dengan merilis EP”NEGATIFNEGATIF”.

Memasuki tahun 2020 rapper Depok itu tengah meniatkan dirinya untuk segera memiliki album yang akan mencatatkan namanya sebagai salah satu talenta R&B yang layak diperhitungkan.

Karena memang demikian seharusnya, pilihan seniman harus memiliki mental karya yang baik dan terus menerus mencipta.

Single “Stop Lyin’ to Yorself” ditulis sendiri oleh Db Mandala dan diproduksi oleh Imajinary Frank. Sedangkan mixing dan mastering dilakukan oleh CVX dengan dukuangan visual yang digarap Edikuss. Single ini bisa disimak bersamaan dengan video musiknya di kanal Youtube MERAHMERONA.CO.

Selamat mengudara

(Visited 31 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *