Duet Melly Goeslaw dan Rita Effendy nyanyikan ulang “Kusadari”. Foto : dok.100% Production

Artikel : Anggitane

[HujanMusik!], Jakarta  – Disadari atau tidak, akhir-akhir ini naungan senja kian menjauh untuk bisa dinikmati dengan penuh. Kabar cuaca yang sarat kepentingan mendominasi untuk dicari-cari celah saling membusukkan. Kita pun kemudian tak sadar, saling serang dan merasa benar telah bertindak. Lantas lupa dengan inti sesungguhnyam bahwa perubahan iklim, perubahan ekologi dan perilaku kita yang mendiami bumi, nyata-nyata membawa dampak yang tak susah dilihat. Ditemani “Kusadari” yang dibawakan ulang Melly Goeslaw dan Rita Effendy, tampilan visual tentang dampak itu makin menghujam keprihatinan.

Duet Melly Goeslaw dan Rita Effendy terdengar nyata membangkitkan rasa bersalah, mendiamkan keadaan tanpa berbuat sesuatu yang nyata. Kedua penyanyi itu berhasil membawakan “Kusadari” dengan hebat dan penuh penjiwaan yang mendalam. Padahal, bukan perkara yang mudah membawakan lagu yang sudah pernah dinyanyikan penyanyi Jayanti Mandasari itu.

“Kusadari” merupakan karya pencipta lagu Dian Pramana Putra dan Dedi Dukun. Kedua musisi itu kemudian mempercayakan lagunya dibawakan pleh penyanyi bersuara lembut dan sendu, Jayanti Mandasari pada tahun 1991. Lagu hit pada masanya yang membawa penyanyinya melambung ke puncak karir, lantas meredup karena pilihan menetap di Brunei bersama suami dan anak-anaknya.

Kini, dibawah racikan terampil seorang Anto Hoed dan mastering oleh Pilon, lagu ini diproduksi ulang oleh 100% Production dengan menyertakan dua kekuatan vokal Melly Goeslaw dan Rita Effendy. Musiknya dikemas dengan cerdas, apik, simple dan memunculkan kemegahan yang mampu mewakili era berbeda dari aslinya.

Lirik “Kusadari” mengingatkan saya pada janji-jani manusia yang sarat dengan ke-ingkar-an, tak semata pada soal janji tokoh kepada pengagumnya, tetapi janji antar individu dengan individu lainnya. Lalu dengan mudahnya maaf terucap dengan harapan membayar tunai janji yang diingkarinya. Padahal maaf saja kadang tak cukup untuk memupus dampak ingkar tadi. Apalagi ingkar kepada alam yang sudah memberi tempat hidup dan berkembang biak.

Melalui “Kusadari”, Melly Goeslaw, Rita Effendy dan Anto Hoed seolah memberi tunjuk tentang ilustrasi kepada pendengarnya. Bahwa lagu dan penyanyi tidak pernah lekang karena zaman. Sejatinya sebuah karya indah tidak akan lekang oleh waktu.

“Kusadari” yang didistribusikan oleh Aquarius Musikindo kini sudah bisa diunduh atau didengar secara streaming di iTunes, Apple Music, Spotify, Joox, Deezer, Langit Musik dan Smartmusic.

Selamat menikmati…

(Visited 13 times, 1 visits today)