Formulasi Cinta Wicky Adrian dengan “Yakinlah”

Wicky Adrian, solois yang merilis "Yakinlah" secara R&B. Foto : BCH Records

Wicky Adrian, solois yang merilis “Yakinlah” secara R&B. Foto : BCH Records

Artikel : Anggitane

[HujanMusik!], Jakarta  – Tak banyak individu yang menyadari bahwa ada bagian proses pendewasaan yang sedikit-banyak dipengaruhi oleh perjalanan waktu. Kesadaran untuk menjadi dewasa, tumbuh seiring waktu yang memberi ruang, memilih mengosongkan atau mengisinya dengan hal-hal bermakna. Seperti penyanyi Wicky Adrian yang memilih kesadaran positif dengan menekuni lirik dan beat yang dinyanyikannya dengan ritme.

Ide yang meledak-ledak dikepalanya ia muntahkan dengan merilis karya sendiri diluar kolektif elektronik pop yang dijabani sebelum-sebelumnya. Meski bersama WTF PROJECT Wicky Adrian telah melepas mini album, toh tak semua ide musik dalam kepalanya cocok untuk dipaksakan sebagai materi lanjutan.

Pilihannya pun meluncur mulus kepada R&B, musik percampuran popular jazz, gospel dan blues yang dikenal tumbuh dari daratan Amerika. Referensi musik R&B yang ia ‘kentalkan’ di single nya yang berjudul ‘Yakinlah”.

R&B memang jenis musik yang Wicky sering dengarkan saat dirinya tumbuh besar di kota Bandung. Lahir dikeluarga yang tidak memiliki latar belakang musik, membuat Wicky remaja mencari referensi musik yang dia akan gemari. Saat itu dia sering mendengarkan radio anak muda bernama “Paramuda” yang sering memutarkan lagu-lagu R&B. “Radio ini secara gak langsung ngebentuk gue jadi kayak sekarang,” tulisnya dalam rilis kepada Hujanmusik!.

Begitulah, menyimak “Yakinlah” bawaan Wicky seperti memandu jari bergerak menelusuri pemutar musik, mencari kumpulan R&B Babyface atau Boyz II Men yang mempopulerkan jenis musik classic-sou vocal harmony. Sebelum R Kelly, Brandy, Mary J. Blige atau Aaliyah mempopulerkan R&B secara hip hop atau hip hop soul.

Bagi Wicky, berkarya diluar bandnya, bukan berarti semuanya diproduksi sendiri. Secara kolaboratif dengan dibantu rekan satu bandnya Tian, Wicky melakukan brain storming mengenai pemilihan sound yang dirasa cukup mendukung tersampaikannya pesan dari lagu ‘Yakinlah’.

Hasilnya, selain musik R&B, Wicky dan Tian juga memformulasi pop dan reggae didalam lagu tersebut. Tema cinta, jadi tema yang Wicky pilih saat menulis lagu ‘Yakinlah’.

“Biar agak beda sama lagu-lagu WTF yang cerita soal self esteem, anti bullying, sampe nasionalisme. Kali ini gue mau ‘main-main’ sama cinta ah..hahaha,” tambahnya.

Lagu ‘Yakinlah’ bercerita tentang seorang laki-laki yang mencoba meyakinkan kekasihnya untuk menetapkan hati bersamanya hingga tua.

Bersama Brave Creative House (BCH) records, Wicky meluncurkan‘Yakinlah’ secara resmi pada tanggal 25 November 2019 lalu. “Yakinlah” dapat didengarkan secara streaming diseluruh platform musik digital.

(Visited 66 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *