Adonan Hip Hop “Fresh Graduate” Basboi

Basboi, Talenta Hip hop lokal telah merklis EP. Foto : dok.Basboi

Basboi, Talenta Hip hop lokal telah merklis EP. Foto : dok.Basboi

Artikel : Anggitane

HujanMusik!, Jakarta – Semacam beban meradang tengah menuntut perhatian untuk dituntaskan. Sebagai petugas pembersih sampah komplek, misi mengilangkan sampah dari depan pandangan tak sesederhana menemukan rumah makan Padang diantara liukan pasar beraroma gelap. Bayangkan, tuntutan sampah lenyap tak berbanding lurus dengan usaha meminimalisir produksi sampah berkelanjutan. Sama halnya penuntut keadilan yang mengutang bayaran sewa kendaraan. Ah…tuntutan memang selalu gelap sebelah.

Dalam konteks berbeda, namun dalam alur yang sama. Tuntutan kiri-kanan kerap menjadi suara tekanan yang memicing untuk dituliskan menjadi untaian syair yang berlagu. Sayangnya saya tak bisa menulis syair dalam keadaan teraniaya, cukup memilih mendengarkan hip hop lokal saja. Sembari membayangkan berada diantara lirik personal yang mengalir seperti air, ungkapan keadaan spontan bahwa berhadapan dengan tuntutan hak itu tidak mengenakkan.

Kali ini saya sedang mendengarkan curhat-an Baskara Rizqullah atau yang akrab disapa dengan Basboi. Salah satu nama baru yang meramaikan talenta hip hop lokal yang membaurkan diri dengan musik masa kini. Karya terbarunya yang bertajuk “Fresh Graduate” seperti mewakili anak kuliahan yang menyimpan beban antara lulus duluan atau lulus belakangan dengan beragam alasan.

Basboi memang terbentuk dari situasi yang demikian. Sejak ketertarikannya pada hip-hop pada awal masa kuliah di tahun 2015, ia mulai menulis lagu-lagunya sendiri, merilis beberapa single, dan perlahan tapi pasti mulai menarik perhatian penikmat hip-hop dan RnB di Kota Kembang, Bandung. Selepas meluncurkan nomor-nomor seperti “Night Drive”, “These Kids”, serta “Out of Words”, dan “Cozy.” Pada pekan terakhir Maret 2019 lalu ia kembali membuktikan keseriusannya dengan merangkum karya musiknya dengan merilis debut EP nya yang berjudul “Fresh Graduate”.

“Fresh Graduate” bisa dibilang adalah sebuah catatan harian dari kehidupan Basboi di tahun terakhir kuliahnya, dimana ia merasa bebas dan nyaman dengan hidup berdasarkan aturannya sendiri; jatuh cinta, patah hati, bersenang-senang dengan teman-temannya – sampai ke munculnya rasa takut dimana ia menyadari kalau semua itu akan berakhir setelah ia lulus kuliah. Takut akan mengecewakan ibunya, takut akan menghadapi kenyataan pahit di dunia nyata sebagai orang dewasa; akan cinta, uang, dan mimpi.

Untuk seorang Basboi, “Fresh Graduate” seperti selebrasi dari sebuah checkpoint dalam kehidupan, yaitu wisuda. Sebagai perayaan atas langkah baru menuju masa depan yang penuh ketidakpastian, Basboi melangkah menuju awal yang baru, memperjuangkan musiknya, dan terus bermimpi.

Dengan amunisi 5 track, termasuk beberapa single awalnya seperti “Nightdrive”, “Cozy”, dan “Dying Breed”, Basboi telah mentasbihkan dirinya lolos uji karya perdana. Selain itu, “Fresh Graduate” juga telah merilis musik video yang terkesan lucu dan menghibur – termasuk salah satu track baru bersama Kay Oscar yang berjudul “Dream Girl”.

Pendeknya, EP perdana ini menunjukan kemampuan Basboi dalam meramu adonan hip hop yang fresh. Kini, sebagaimana ia tuliskan dalam cover EP-nya,“Ain’t nothing fresh about being a fresh graduate” musisi hip-hop fresh yang beranjak dari Bandung, sudah siap untuk menapakkan langkah barunya di Jakarta.

(Visited 128 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *