Jalan Panjang Galabby Menemukan Mimpi

Galabby Tahira, jebolan IMB 2013 yang sukses tampil berkarya secara mandiri. Foto : Instagram @galabbytahira

Artikel : Anggitanee

HujanMusik!, Jakarta – Secara kultural saya bukanlah penikmat ajang pencari bakat yang kerap memunculkan jawara tapi gagal diterima penikmat hiburan tanah air. Ajang yang sering saya cap sebagai program hiburan yang minim edukasi. Ah…silahkan tertawa, awam pasti meninju pemahaman saya, mana ada hiburan bermuatan edukasi ? hiburan tetaplah hiburan, tak perlu mengada-ada.

Tapi demi menelisik sosok biduanita pemilik single “Indah Pada Waktunya”, bolak-baik dari satu akun youtube ke akun youtube lainnya harus saya jalani demi referensi. Maka tertujulah saya pada kenangan ajang Indonesia Mencari Bakat (IMB) lansiran 2013. Dari sanalah saya menemukan Abby Galaby, peserta audisi yang sukses ‘mentas’ dan mampu tampil berkarya secara mandiri.

“Indah Pada Waktunya” adalah karya terbaru sebagai Galaby Tahira, nama populer yang disandangnya, meninggalkan nama panggung IMB yang menjadi kunci sukses awal keluar jalur tayang. Untuk selanjutnya menapak jalur musik dan hiburan dari masa ke masa dengan karya orang.

Semua bermula dari single jazz perdana tentang “Fakta Cinta” yang dirilisnya pada 2017 silam. Buah ketaatannya pada proses panjang perjalanan karir musiknya. Kini Galabby adalah seteguk warna baru musik Indonesia yang bergizi. Tak hanya pilihan genre yang seolah mewakili musik broadway, namun kekuatan karakter vokal menjadikan Galabby tak layak dilewatkan begitu saja. Khas dan berbeda dengan penyanyi lainnya.

Barangkali kita perlu berterima kasih pada sosok presenter kocak bernama Dimas Danang, pria yang inspirasi Galabby dalam mencipta karya. Tak hanya sebagai pendamping hidup, Dimas Danang ternyata berperan penuh agar karya Galabby bisa muncul dengan karakternya sendiri.

Kini pecinta American Style 1920-1950 dan penyanyi jazz wanita dengan ciri penampilan panggung triple threatnya ini, merilis single keduanya bertajuk “Indah Pada Waktunya”.

Jika “Fakta Cinta” adalah tentang seorang perempuan yang jatuh cinta pada pria. Maka Ïndah Pada Waktunya” adalah tentang bagaimana perjuangan cinta Galabby yang akhirnya dapat berakhir bahagia. Tentang bagaimana karirnya menemukan titik terang dan karyanya bisa dinikmati banyak orang, walau tidak dengan cara yang instan.

Melalui karya keduanya ini, Galabby ingin menyampaikan bahwa semua perjuangan akan Indah Pada Waktunya.

“Indah Pada Waktunya” tampil dengan nuansa lebih light, namun tetap menunjukkan ciri khas Galabby. Untuk musiknya sendiri digarap Dudi Prastowo di Studio Ari Aru Bandung. Sang pemilik studio Ari Renaldi, selain menangani mixing dan mastering, dia juga mengisi drum dan piano untuk tembang Galabby ini.

Tanpa perlu susah payah, hanya perlu sedkit konsentrasi, saya dengan mudahnya menemukan aransemen alat musik gesek yang dibawakan dengan sangat apik. Konon ini dikerjakan dalam waktu 2 jam oleh Dudi Prastowo saat dalam perjalanan Jakarta-Bandung.

Detail aransemen memang agak beda dengan “Fakta Cinta”, karena Indah Pada Waktunya lebih nonjol di karakter string section, sedangkan Fakta Cinta lebih brassy dan old style big band.

“Indah Pada Waktunya” yang lebih light, easy listening, dan simple, menjadi jalan pembuka menju album Galabby tahun 2019 mendatang. Galabby Thahira sudah menyiapkan beberapa karya lainnya untuk dirilis.

“Tiap karyaku punya waktunya sendiri untuk lahir. Aku pengennya semua rilis cepet. Dari Fakta Cinta (single pertama) rilis, rasanya sehari setelahnya langsung bikin karya selanjutnya. Tapi ternyata kenyataannya ngga kaya gitu. Ngga bisa se-instan itu. Jadi aku nikmatin prosesnya aja. Single kedua ini bener-bener ngingetin aku bahwa semua beneran bakal Indah Pada Waktunya. Dan aku pengen lebih banyak lagi yang bisa lihat aku bernyanyi dengan caraku.”, cerita Galabby dalam keterangan tertulisnya pada HujanMusik!.

“Indah Pada Waktunya” telah rilis pada 19 Oktober 2018 dan dapat dinikmati melalu semua layanan musik digital. Untuk video musiknya bisa dinikmati melalui kanal YouTube.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *