Album Daur Ulang Mike Chemichael Atas Nama Pop

Mike Chemichael, solois Bogor yang merilis ulang album pertamanya. Foto : Mike Chemichael

Artikel : Anggitanee

HujanMusik!, Bogor – Sendiri, barangkali mode ini menjadi kunci konsistensi seorang Mike Chemichael berkarya menembus rimba belantara musik tanah air. Mike tidak bicara tentang pahatan monumental bersama label besar, melainkan bertahan bersama percikan indie yang sepertinya lebih berarti. Mike Chemichael adalah solois Bogor yang tahun ini melepas album baru bertajuk “Berdiri Sendiri”.

Showcase album yang diadakannya pada Mei silam di Blockbooster – Cibubur, menjadi penanda resmi beredarnya “Berdiri Sendiri”dalam bentuk fisik dan digital. Menariknya, Mike tak hanya berkutat  peredaran konvensional semata. CD dan merchandise-nya bisa didapatkan melalui akun official Mike Chemichael di Tokopedia, atau dengar dan beli karyanya secara digital di Spotify, JOOX, iTunes, Apple Music, Deezer, dan berbagai Digital Platform lainnya.

Sedikit mengintip sukses showcase perdana dari Mike Chemichael yang lalu, Mike tampil bersama dua tim yang mengiringinginya. Tim pertama dihuni teman-teman gereja-nya, yaitu  Rachel Rinindita, Donny Surya Saputra, Andreas Siahaan, dan Samuel Maspaitella. Sedangkan tim kedua adalah tim yang selama ini sering tampil mengiringi Mike meniti panggung. Mereka adalah Yongki Putra Martindo, Aldiki Raka, Dendi Dwi, dan Fakhry Syamsul

“jadi Legend team itu, tim yang menemani saya perform sejak 2016, hanya saja akhir – akhir ini mereka sangat sibuk, sedangkan job semakin banyak. Jadi,  diputuskan untuk menggunakan tim lain sebagai session yang merupakan teman gereja saya, sebut aja mereka Showcase Team, karena di Showcase Saya  khusus memainkan lagu – lagu yang ada dialbum baru Saya, sedangkan Legend team perform sebagai performer penutup di showcase tersebut”, Jelas Mike.

“Berdiri Sendiri” merupakan babak lanjutan selepas 2 album sebelumya, yaitu Stand Alone (2014) dan Revenge’s Revival (2016). Jadi tak salah jika menilai, seharusnya album terbaru Mike adalah album ketiga, meski album ini berisikan lagu – lagu yang ada di album pertama, yaitu ‘Stand Alone’. Entah apa yang ada dalam benak Mike merilis album baru dengan materi lama-nya itu.

Namun, jika menilik alasannya, rasa-rasanya kita perlu mengapresiasi keberanian Mike Chemichael kembali ketitik nol karya. Anggap saja ini tetaplah album pertama, karena di album ini Mike mengakui konsep dan aransemen lagunya sudah sama dengan genre musik yang ia bawakan.

Dibandingkan album – album yang lalu, album recycle yang digulirkannya terbilang lebih matang dan mulai menjauh dari kesan asal-asalan. Mike berencana meneruskan me-recycle lagu – lagu dari album ke 2 sebelumnya.

Dalam pengerjaan album ini Mike banyak mengambil peran mulai dari aransemen lagu dan pembuatan lirik kecuali lagu “Kutakkan Hancur” yang  liriknya ditulis kolaborasi Rizky Septianto dan Mike sendiri. Selain empunya album, komposisi penggarapan daur ulang ini dibantu beberapa musisi lain seperti Yongky Putra Martindo, Aldiki Raka, Dendy Dwi, Christian Adi dan Glady Alfebro.

“Proses pengerjaan album ini Saya mulai sejak januari 2017, rencanya saya ingin mengerjakan 2 lagu dalam sebulan, tapi karena kesibukan Saya dan Yongky dan banyaknya pekerjaan dari project lain, pengerjaan album ini terbengkalai. Apalagi, kita harus menyamakan jadwal dengan Amplop Records” ungkap Mike pada HujanMusik! beberapa waktu lalu.

Tak dibutuhkan kernyitan dahi untuk menebak kemana arah album ini. Tema lagunya sendiri masih tentang percintaan. Tidak hanya lagu berirama sendu saja, tetapi ada beberapa lagu yang akan memotivasi para pendengarnya untuk tetap lebih tegar. Album ini direkam, dimixing dan mastering oleh Amplop Records, label independen asal Cibinong, Kabupaten Bogor. Amplop records sendiri adalah label yang mengawal perjalanan Life Cicla, talenta Bogor lainnya yang berkesempatan konser di luar kandang, yaitu di Singapore.

Dengan mengusung genre Pop, Mike mengiharapkan pilihannya itu lebih mudah relate di kehidupan pendengarnya.

Selebihnya silahkan simak karya Mike pada kanal-kanal musik digital yang sudah disebut sebelumnya. Terbaru, Mike tak lupa memandu pendengarnya dengan merilis Video lirik ‘Aku Ingin’  yang baru saja di rilis di Youtube Channel ‘Mike Chemichael.

Selamat Mike, tetaplah semangat berkarya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *