Penuh Bagus di Bulan Agustus

Salah satu performer BAGUS Volume 4, Azmyl Yunor (kiri) dan Akbar (kanan) dari Malaysia. Foto : IG Agungllyn

Artikel : Rinjani Reza

HujanMusik!, Bogor – Ada yang mengagumkan sepanjang Agustus 2018 di Bogor, bukan saja urusan persiapan memperingati HUT RI, melainkan ada rangkaian acara BAGUS (Berbagi Panggung Musik). Sebuah model garapan pertunjukan musik mandiri lintas genre yang rutin digarap Lionglattee Collective.

Agustus ini diawali dengan BAGUS volume 3 yang diadakan di Kemenady (Coffee & co-working space). Suar Bagus vol 3 dari jalan pengadilan kali ini menampilkan sederet nama baru hasil kurasi tim #herecomesbogor, seturut Here comes a new challanger yang telah bergulir beberapa waktu sebelumnya. Here comes a new challanger adalah sebuah program yg di inisiasi oleh #basaguyub dan #sikatsikut, program scouting band muda yang bertujan mencari talenta musik muda nan baru dan segar. Sistem nya adalah submission band selama kurang lebih 2 minggu, lalu di kurasi menjadi 8 band yang terpilih, melalui 2 kali penilaian. Setelahnya dipilih 6 band yang akan masuk dapur rekaman dan membuat album kompilasi. Peserta terpilih kabarnya juga akan dikolaborasikan dengan visual artist, untuk membuat limited edition boxset nya.

Dari hasil banyak band yang ikut submit akhirnya terpilihlah 8 band yang mengisi BAGUS vol 3. Tentunya dengan musik yang segar dan wajah muda penuh talenta yang mungkin akan menjadi generasi penerus gelindingan skena musik Bogor. Mereka adalah Arks, Fwendz, Gluff, Hlmn, Kelana, Rasvala, The Kans, dan Turk & Caicos.

Tak habis di BAGUS volume 3 yang diadakan tgl 4 Agustus 2018. Lionglattee pun meneruskan BAGUS volume 4 pada tanggal 11 Agustus 2018. kali ini berlokasi di Crossroad music & Coffee. BAGUS Volume 4 cukup istimewa karena kedatangan teman-teman dari Malaysia yang kebetulan sedang mengadakan tour di Indonesia dan Bogor menjadi salah satu kota yang dikunjungi. Sederet nama seperti Bayangan (Malaysia) – Azmyl yunor (Malaysia) – Nil – Rinjani Reza dan Night shout jadi pengisi bagus volume 4 itu dan didukung visual dari Cycojano (GSRB kolektif). Malam itu sendu namun tetap penuh hingar bingar tata cahaya dan visual menjadi satu kelengkapan, mata dan telinga terasa dimanja.

Rasanya cuaca malam juga sangat bersahabat sehingga beberapa kawan lama berdatangan dan berjumpa disendunya Bogor.

Belum cukup, setelah BAGUS Volume 4, tanggal 15 Agustus 2018 jadi puncak bagus di bulan Agustus. Bagaimana tidak ketika diawali oleh band band baru bertalenta luar biasa di BAGUS Volume 3, kemudian bersendu ria bersama kawan kawan dari Malaysia dan sekarang giliran tour dari Joe milion yang menuntaskan pertunjukan maraton BAGUS di bulan Agustus ini dengan tajuk bombardir tour.

Sederetan rapper asal Bogor mengisi bombardir tour tersebut. Ada nama yang sudah tak asing untuk skena musik hip-hop Bogor, nama nama seperti Mental trip, Altarlogika dan Dedhe Crows jadi pengisi BAGUS Volume 5 tersebut. Menariknya ada 2 nama yang terlibat di BAGUS Volume 5 ini yang namanya tak terdengar di Skena hip hop Bogor, ada Ashes dan Rinjani Reza. Mereka berdua berkolaborasi menginterpretasikan ulang beberapa puisi dari Chairil Anwar dan WS Rendra, meski keduanya masih tergabung di Merah Berdarah. Aksi kolaborasi ini sungguh berbeda dari aksi mereka lainnya.

Kemenady Coffee & co-working space kembali digunakan untuk penutup BAGUS bulan ini. Dipenuhi kemeriahan dengan irama beat yang mampu membuat badan bergoyang, belum lagi lirik dengan kosa kata yang luar biasa beterbangan tanpa canggung, hingga akhirnya Joe Milion memporak porandakan kuping kami dengan peluru dari materi albumnya.

Sungguh malam yang menyenangkan dengan koneksi Bogor – Sukabumi yang terbuka lebar. Semoga bagus bisa terus menjadi wadah musik berkualitas di kota Bogor dan menjadi tempat bagi musisi kota lain untuk beraksi dan silaturahmi ke Bogor.

Salut….Sukses terus Lionglattee Collective..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *