Terbaru

Bodo Amat Sisitipsi Dirilis dalam Bentuk Video

Sisitipsi, band Jakarta pengusung sound 50's - 80's. Baru-baru ini mereka merilis video Bomat!. Foto : Locker Media

Artikel : Anggitane

HujanMusik!, Bogor – Sekejap nyaris tak menemukan pada sisi mana makna ringan nomor “Bomat!” dari kolektif musik bernama Sisitipsi. Sepanjang dua menit lewat 31 detik yang tampak adalah suguhan musik atraktif berikut ujaran lirik nan padat. Mengingatkan saya pada keriuhan musik dalam kampus Institut Kesenian Jakarta setelah Naif, The Adam, The Upstairs, White Shoes And The Couple Company (WSATCC) atau Goodnight Electric.

Sisitipsi muncul kali pertama dari belantara ibukota pada 2014, tepatnya kawasan Cikini No. 73 (kampus IKJ). Kelompok yang diperkuat Fauzan Lubis, Rian Rahman, Eka Wiji Astanto, Hendar Dimas Anggara, Amoroso Romadian, dan Aditiya Rahman, mengaku mencandu The Beatles pada masa awal bersepakat untuk bermusik bersama. Tak heran energi 60an tampak menyisa diantara sound 50’s hingga 80’s.

Paduan bossa nova, samba, swing, klasik, bluegrass, country ataupun jazz setelahnya, saya duga bentuk ekplorasi kreatif sekumpulan anak muda IKJ ini. Untungnya mereka tak mengikuti jalan hantu, memilih memperkuat eksistensi dengan merilis album pertama pada 7 Maret 2016 dengan judul 73%. Sembilan lagu mereka rekam termasuk single fenomenal Alkohol dan Joni Santai. Sisanya Prelude, Polemikanadum, Aroma Dia, Lepas Kendali, Berlabuh Rindu, Rinai, dan Tiba.

Setelah mengeluarkan album pertamanya di tahun 2016, Sisitipsi kembali meluncurkan album kedua mereka dengan tajuk ML “Minta Lagi”. Kali ini mereka lebih serius, terlihat dari proses yang memakan waktu satu tahun sebelum rilis pada bulan Juli 2018 nanti. Rekaman dilakukan bersama Maximum Soul dan Velvet Studio. Pengerjaan album “ML” memakan waktu satu tahun demi menghadirkan nuansa yang segar kepada seluruh pendengar musik tanah air.

Kembali pada single Bomat! yang didaulat sebagai single pertama untuk album ini, rasa-rasanya Sisitipsi tengah menunjukkan identitas mereka sebagai unit musik yang utuh. Lagu ini diciptakan oleh Rian Rahman dan lirik oleh Fauzan Lubis.

Bomat! adalah kependekan dari bodo amat, bercerita tentang cara pandang Sisitipsi yang cenderung tidak peduli terhadap hal-hal negatif di sekitar mereka. Lagu ini memiliki pesan untuk tetap semangat berkarya walaupun menghadapi segala keterbatasaan dan halangan yang ada.

Official Video klip Bomat! telah dirilis pada tanggal 21 Mei 2018. Bekerja sama dengan Hendrick Ben Matulessy, Richard Kalipung dan Selangit Studio, video musik kali ini menghadirkan pengalaman menonton pertunjukan teater yang seakan akan sedang dinikmati langsung dari kursi penonton. Gaya enerjik Sisitipsi yang selama ini ditampilkan diatas panggung diterjemahkan dalam koreografi sarat makna sebagai hasil dari kolaborasi yang padu.

Dan saya suka itu…



Tidak ada komentar