Terbaru

Holeshot Win, Kebut-Kebutan Album Kedua ala The Rentones

Setelah sukses merilis mini album "Blown & Injected"pada Oktober 2017, unit instrumental hot rod surf Bogor The Rentones merilis album kedua "Holeshot Win". Foto : dok.The Rentones

Artikel : Anggitane

HujanMusik, Bogor - “Saya tak suka kebut-kebutan,” notifikasi tegas ini perlu saya camkan manakala menyimak 6 materi lagu milik The Rentones, unit bising pengusung instrumental hot rod surf asal kota Bogor. Rilisan terbaru mereka “Holeshot Win” seperti mengajak untuk melakukan aksi kebut-kebutan di lintasan balap bak era Amerika 60-an. Album yang resmi beredar pada Record Store Day Indonesia April 2018 lalu itu lanjutan aksi duo Umar Bawahab (Gitar) dan Aldino Anatusa (Bass) yang sukses merilis mini album “Blown & Injected” pada bulan Oktober 2017 silam.

Saya tak paham betul bagaimana Umar dan Aldino sebegitu menggemari tema drag race, lantas secara konsisten menganggatnya dalam karya-karya instrumental mereka. Angkat topi atas keberanian memilih genre instrumental dari skena musik surf 60-an, sesuatu yang jarang diangkat musisi Bogor selepas Adopta dan The Mentawais. Beruntung, Bogor memiliki Sentul yang dikenal dunia karena keberadaan sirkuitnya, lantas logika dangkal saya menganggap ini adalah benang merah yang cukup untuk menandai nuansa balap-balapan mobil sebagai visualisasi lagu-lagu mereka.

Memicu adrenalin, kurang lebih tujuannya kesana. Saya pernah menyaksikan dan terlibat euforia balapan di sirkuit Sentul. Meski tak  merasakan langsung tekanan  tim balap di lintasan. Pemandangan kebut-kebutan dari kamar hotel Lorin Sentul tampak nyata menaikkan reaksi hormon adrenalin. Dari sini saya setuju untuk menyimak balapan dengan ditingkahi lenguhan The Astronauts, Link Wray dan tentu saja The Rentones. Konsep sound yang khas, tone gitar berbalut reverb tebal, alur bass yang bergerak aktif tanpa henti dan hentakan drum yang cepat untuk menjaga akselerasi.

Jelas ini sesuatu yang tak akan sanggup saya tiru. Jangankan balapan, memastikan tunggangan kesayangan Mazda 323 HB keluaran 1984 tetap layak jalan, sudah berkah untuk saya. Audio kabin paling banter hanya berani memutar Radio Moscow, itu pun psychedelic rock.

Menyimak album “Holeshot Win” itu seperti menyaksikan usaha The Rentones mengeksplor sound lebih matang. Saya tandai ada perbedaan yang mencolok dari album sebelumnya. Mereka melakukan eksplorasi maksimal dari batas reverb yang dihasilkan pada masing-masing instrumen, terdengar jauh lebih tebal dan kasar namun masih dalam batas nyaman untuk didengar.

Persamaannya dengan “Blown & Injected”, “Holeshot Win” masih pada seputaran gitar dengan balutan reverb sebagai pemain utama, dibantu permainan bass gitar dan drum yang saling berdialog cepat.

Meski berbeda dan tampak keluar dari zona nyaman pada album sebelumnya, “Holeshot Win” tetaplah materi instrumental yang bisa dinikmati gambaran alur ceritanya. Masih terdapat benang merah yang dapat ditarik dari kedua album tersebut. Saya coba menuruti anjuran Umar untuk menyimak “Dragstrip Riot”, track pertama yang memberikan nuansa seolah balapan telah dimulai, sesi tegang yang tiba-tiba  pada pertengahan lagu terdapat tiupan saxophone oleh Dovi Martindas. Saya langsung sepakat jika lagu ini sangat kental dengan nuansa musik surf era 1960-an.

Berikutnya adalah “Last Lap Madness” yang tidak terikat dengan aturan main pola gitar repetitif surf music pada umumnya. Permainan gitar pada lagu ini justru bergerak lepas tanpa pola. Hal yang sama juga terjadi pada lagu “Slant Six”, reverb gitar dibantu oleh lead gitar lain yang berbalut fuzz kasar, mengingatkan sound gitar Davie Allan di tahun 1960-an.

Diluar semua nomor yang dibawakan dengan atraktif, saya justru menikmati track penutup yang berjudul sama dengan judul album ini, yakni “Holeshot Win”. Lagu yang didominasi nada mayor tersebut memberikan nuansa menyenangkan seolah hasil akhir dari balapan bersama The Rentones di album ini adalah kemenangan.

Debut album “Holeshot Win” dirilis dalam format cakram padat (CD) terbatas pada perhelatan Record Store Day Indonesia April 2018 silam di Jakarta. Sebelumnya pihak band telah melepas lagu dan video berjudul “Last Lap Madness” sebagai single pertama dari album “Holeshot Win” melalui kanal soundcloud dan YouTube The Rentones.

Pastikan untuk menyetel volume pemutar musik pada takaran yang sesuai untuk anda, selanjutnya nikmati sensasinya.

Tidak ada komentar