Terbaru

Beat dan Kata-kata Altarlogika

Solo hip-hop Kota Bogor Altarlogika dan karya-karyanya yang gelap. Dalam waktu dekat ia segera merilis kembali karyanya agar bisa dinikmati khalayak. Foto : Altarlogika

Artikel : Rinjani Reza 

HujanMusik!, Bogor – Sepanjang hari hujan tengah kota sedang bulat-bulatnya, sejenak saja playlist kesukaan terlepas dari kebiasaan, tergantikan oleh beat dan rima dari salah satu punggawa skena hip-hop kota sendiri, Bogor. Saya mengawalinya dengan saling kenal dari gigs random, hingga akhirnya mendapatkan kesempatan berbincang santai seputar hip-hop dan karya-karya dia yang sudah dirilis secara digital dan fisik (kaset).

Galistanandhya Alifi atau yang lebih dikenal nama panggung Altarlogika memulai perjalanan musiknya sejak masa SMA. Kala itu dirinya sempat tergabung dalam grup Hip Hop bersama teman sepergaulannya, hingga akhirnya memantapkan diri bersolo karir dan menggunakan nama Altarlogika pada tahun 2016.

Awal kemunculannya Altarlogika hanya menjadi alter ego dan menciptakan beat beat semata, sebelum akhirnya memulai keseriusannya dengan menambahkan barisan kata pada beat beat yang kosong tersebut. Pada Januari 2017 Altarlogika merilis split instrumentalnya bersama Senartogok, unit hip-hop Bandung yang diberi judul "Diam yang tak kunjung padam". Album ini telah dirilis secara digital.

Berlanjut pada tahun 2018 Altarlogika kembali merilis Demo yang berisi 5 lagu (termasuk intro)  dalam bentuk digital dan kaset pita. Beruntung saya diberi langsung demo kaset pitanya dalam pertemuan tak terduga dalam acara Record Store Day Bogor, April silam. Materi demo Altarlogika yang saya temui pada 2018 ini berisikan lagu lagu berjudul "Ayat Ayat Api" "Biru feat Rand slam" "Profan Magus [interlude]" dan "Lycanprose [prod by Prime Manifez]".

Jujur, sebelummenyimak saya memiliki prasangka berbeda, sempat membayang berisikan beat hip-hop kekinian. Disitu saya merasa sedih, ternyata saya salah besar, nuansa gelap pada beat dipadu dengan lirik yang kritis menjadikan perpaduan yang sangat catchy ditelinga saya.

Kabarnya split album Altarlogika bersama Senartogok akan dirilis ulang dalam format kaset pita. Kita tunggu kejutannya, sementara saya akan siapkan pemahaman model aliran hip-hop apa yang dianut, berikut influencernya. Terus terang masih penasaran dengan makna lagu dari proses kreatif Altarlogika.

Ya…saya akan menunggu.

Tidak ada komentar