Terbaru

Bai’at, Wujud Gugatan Rasvala atas Kebhinekan Hari Ini

Bai'at, single Rasvala dalam EP "Sanguinis". Single ini telah hadir dalam bentuk video klip untuk publik. Foto : Rasvala

Artikel : Anggitane

HujanMusik!, Bogor – Menggelinding bak roda pedati, unit grunge asal Bogor bernama Rasvala tak pernah jera mempertontonkan karya. Rentetan eksistensi sejak “Logika Analog” Desember tahun lalu, berlanjut pada “Ba’at” yang diperkenalkan dalam bentuk video klip untuk publik per 17 Mei 2018.

Bai’at diluncurkan sebagai pelengkap mukadimah, sekaligus guliran kiprah mereka dalam industri musik lokal. Keduanya karya tersebut secara independent terekam dalam mini album [EP] “Sanguinis” yang rilis pertengahan Maret 2018 lalu. Kuartet pengusung Seattle Sound ini juga merilis ulang “Sanguinis” dalam bentuk kaset pita bersama Hujan Rekords dan Kict It Collective. Rilisan fisik yang turut meramaikan Record Store Day Bogor 2018.

'Resah', menjadi alasan utama Bai'at tercipta. Mengambil Sinonim dari Sumpah
dan menginginkan kehidupan yang rukun tanpa memperdulikan dari mana asal mereka.
Rasvala secara penuh mengutuk adanya sifat amoral yang tertanam dalam beberapa hati
manusia. Lantas kemana arti Bhinekka Tunggal Ika jika masih saja ada yang menantang
perbedaan.

Bai'at adalah wujud responsif Fikar (vokal), Opay (drum), Rifal (bass) dan Renal (gitar) terhadap ke-bhineka-an. Kesadaran bahwa Indonesia kaya, terdiri dari bermacam kultur. Suatu hal lumrah jika memiliki banyak perbedaan. Sikap intoleran adalah salah satu yang mengganggu keharmonisan bertetangga, ini menjadi salah satu alasan Rasvala meneriakan keluh kesah yang dialami segelintir orang.

Visual Bai’at digarap secara independent dengan memanfaatkan talenta sekitar. Menceritakan seseorang yang mengalami rasa kalut dan bimbang karena bingung untuk menentukan arah langkah hidupnya. Dikemas dengan teknik sekenanya, namun tetap bisa dinikmati pesannya.

Klip Bai’at sudah hadir dan bisa disimak pada kanal youtube mereka.

Tidak ada komentar