Terbaru

RCHC : Monster yang Terbangun


Kerumunan, musik distorsi keras dan senda gurau penikmat RCHC FEST Vol. 3, event ketiga Rain City Hardcore yang membara di Jakcloth Bogor, Sabtu (20/1/2018)

Artikel dan Foto : Graditio

HujanMusik!, Bogor - Hari itu, Sabtu 20 Januari 2018, Jl. Dr. Semeru terdengar lebih bising dari biasanya. Lalu lalangnya kendaraan mendadak terkalahkan oleh hingar bingarnya keriaan di Jakcloth Store Bogor. Ada kerumunan, musik keras dan tentu saja senda gurau penikmatnya.
Ini bukan kali pertama tempat tersebut dipilih untuk hajatan para penikmat musik keras, saya punya istilah "distortion junkies". Dimana kondisi telinga sangat haus untuk mendengarkan nada-nada dengan ritme cepat nan padat.

Tetapi malam itu menjadi spesial, karena di tempat itu, dari ruang bawah tanahnya terdengar hentakan drum dengan ritme cepat, gitar dengan distorsi tebal dan teriakan lantang penuh semangat perlawanan.

Yup, hari itu RCHC lah yang menjadi sang punya hajat, lebih tepatnya mereka yang berkuasa mengadakan acara dengan tajuk RCHC FEST vol.3. Event ketiga Rain City Hardcore yang membara.
Lalu apasih istimewanya dari acara tersebut? Sehingga saya dengan sadar harus menandai tanggalan agar dapat hadir pada acara tersebut.

Mungkin kalau hanya membicarakan musik hardcore-nya saja, itu tampak biasa saja. Nah...disini saya menemukan letak pembedanya, tajuk acaranya sendiri pun sudah membuat bulu kuduk merinding, sudah berhasil membuat perasaan gregetan ingin ikut menyaksikan muncul dari lubuk hati terdalam. Gimana tidak, inilah saat-saat sakral untuk kita, kami, mereka para pecinta musik dengan genre hardcore tersebut.

Layaknya sambaran petir disiang bolong, mendengar kabar bahwa RCHC FEST akan diselenggarakan lagi, setelah kurang lebih 5 tahun tertidur. Siapa yang berani membangunkan? Manusia macam apa dia? Punya berapa jin hingga berani membangunkan monster yang sedang tertidur?.

Saya coba sodorkan sekilas perjalanan RCHC FEST. RCHC FEST pertama kali diselenggarakan di S-one cafe pada tahun 2011, sebuah tempat yang meminjam gedung tua di Jl. Salak, dekat Taman Kencana. Lalu sempat absen beberapa tahun, kemudian RCHC FEST vol.2 terselenggara pada tahun 2013 dengan lokasi di aula kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Bogor, Jl. Padjajaran.

Latar belakang kenapa mereka muncul adalah keinginan untuk mempunyai ruang dan event sendiri. Menjadi wadah bagi pelakon hardcore dan punk di Bogor. Lalu kenapa tertidur 5 tahun lamanya? dan baru ada lagi RCHC FEST vol.3 pada tanggal 20 Januari 2018 lalu ?. Simpel, diantara kita pasti paham bahwa untuk membuat suatu hajatan, tenaga, waktu dan pikiran akan sangat terkuras, belum lagi benturan dengan rutinitas setiap individunya. Maka dari itulah, mari kita dukung regenerasi berkelanjutan pelakon, band hingga eksekutor acara di Bogor bermunculan.

Jadi, wajarkan apabila RCHC FEST vol.3 ini menjadi suatu hal yang sangat dinantikan, menilik semangat dan jejak perjuangan mereka.

Faktor lain kenapa RCHC FEST vol.3 ini bikin hati gregetan adalah daftar nama band pengisi acara tersebut, seperti Bright, Decomposing Normality, Everslade, Fatal Blow, First Strike, Heaven In, Our Spirit Remains, Rooster Fight, Skate Fast, Stand Clear, Takeonestep, Trend Crusher, The Kuda, dan Weft. Itu pula daftar band yang selalu menghuni pemutar musik kami, para "distortion junkies".
Dan di RCHC FEST vol.3 sedikit berbeda dalam konsepnya, kali ini RCHC FEST tidak melulu hardcore, tapi diwarnai juga oleh genre semacam metalcore, hardcore metal, chaotic metal, yang pada intinya respect all genre dan semangat kebersamaan.

Jikalau saya ditanya bagaimana perasaan saya saat hadir disana, saya akan menjawab sperti ini "mhfcsdjkfsfjgcvxcvgdvcxbjuddjnkigvjssgxbni". Ya betul kegilaan yang tak dapat dituliskan dengan kosakata KBBI.

Hahh…puas rasanya diri ini dapat mendokumentasi peristiwa "HACEP" dengan tulisan amatir ini, dan sepertinya kami, kita harus berterimakasih pada Rain City Hardcore Crew, terutama om Abotz Juanito, kak Cansxe, dan kak Arief"peloy". Tanpa semangat mereka dan crew dan penikmat, mungkin acara serupa akan selalu tertidur bahkan tidur untuk selamanya.

Jadi mari kita dukung, kita doakan dengan sepenuh hati, agar RCHC FEST akan selalu hadir, dan menjadi monster event tahunannya Bogor. "RESPECT"  buat kalian dan kita semua.

Tidak ada komentar