Terbaru

“Logika Analog” : Anak Tangga Pertama Rasvala Menuju “Sanguinis”


Unit grunge Bogor Rasvala baru melepas single "Logika Analog" sebagai jembatan menuju Extended Play (EP) pertama mereka. Foto : Rasvala
Artikel : Rizza Hujan

HujanMusik!, Bogor - Sore itu sedang dingin ketika beberapa pemberitahuan masuk ke telepon pintar saya. Sebagian berasal dari sosial media yang saya admini, sisanya berupa pesan dan email untuk HujanMusik!. Rupanya pemberitahuan datang dari unit alternative rock kota hujan bernama Rasvala yang berencana melepas sebuah mini album bertajuk "Sanguinis". Kata yang menarik untuk didalami. Walau saya bisa menerka bahwa sanguinis yang mereka maksud disini bukan sekedar sejawat koleris atau phlegmatis.

Sebelum sampai ke puncak "Sanguinis", Fikar (vokal), Opay (drum), Rifal (bass), dan Renal (gitar) melepas single berjudul "Logika Analog" pada 17 Desember lalu. Menurut Fikar dan kawan-kawan, "Logika Analog" adalah jembatan untuk menyambut Extended Play (EP) pertama itu.

"Logika Analog" menceritakan tentang perilaku manusia di era digital, khususnya tentang konten sosial media. Dalam sosial media itu kadang dengan mudah bisa ditemukan pemanipulasian fakta dan hanya bersifat opini (subjektif), lagu ini dibuat untuk menyikapi hal hal seperti itu," Jelas Rasvala seperti dikutip dari rilis yang mereka keluarkan.

Seperti yang sudah pernah disinggung dalam artikel sebelumnya, Rasvala ini penganut komposisi chord minimalis dan gemuruh bunyi ala Seattle. Dan dengan notasi yang di ulang- ulang ala Grunge juga dengan vokal yang lantang tapi tidak lupa ada sentuhan manis pada reffrain diharapkan dapat menyajikan pilihan lain untuk para pendengar "Logika Analog". Lagu ini diproduksi di Fake Hero Record bersamaan dengan seluruh lagu yang nantinya akan ada di EP "Sanguinis". Untuk saat ini single "Logika Analog” sudah dapat diakses penuh melalui kanal Youtube mereka rasvala.


Jika "Sanguinis" merupakan puncak pertama Rasvala dalam belantara musik, maka anak tangga pertama sudah mereka langkahi dengan sepatu "Logika Analog". Menarik untuk ditunggu materi-materi lain dalam EP mereka nanti. Semoga Rasvala berinisiatif untuk menggelar sebuah pesta unik setelah "Sanguinis" lahir.

Saya sendiri belum mendengarkan secara penuh materi single pertama band yang sudah setahun malang melintang di panggung musik Bogor ini. Tapi jika menilik penampilan mereka di panggung dan memerhatikan cara mereka memainkan musik, rasanya kebangkitan musik Grunge di Bogor bisa dimulai dari Rasvala, semoga....

Tidak ada komentar