Terbaru

"Cukup Dia", Single Berbeda Tentang Cinta dari Fade2Black


Setelah 2 tahun dari single terakhirnya, Fade2Black akhirnya merilis lagu baru bertemakan tentang cinta bertajuk "Cukup Dia",  dalam ingatan saya mereka terhitung sangat jarang membawa lagu tentang cinta. Foto: dok.Fade2Black

Artikel: Rinjani Reza

HujanMusik!, Bogor - Suatu siang saya mendapat notifikasi tentang bakal tampilnya salah satu kelompok hip hop idola Fade2Black di panggung musik layar kaca, Senin 16 Oktober 2017. Ah…sial, lama tak berkabar sejak rilis single terakhir mereka di Camorra Eat & Drink jalan Pandu Raya, saya harus puas bertemu via tatapan layar kaca. Padahal dalam benak, saya berharap bisa menyaksikan secara langsung tampilan ciamik mereka di Bogor. Bukan apa-apa, hujan awet macam diformalin memaku saya untuk tetap bertahan di seputaran kamar saja.

Ingatan sejenak melayang pada 29 September 2017 ketika undangan release party single anyar “Cukup Dia” menghampiri notifikasi Whatsapp saya. Undangan penting yang sayang dilewatkan untuk kelompok yang saya kenal sudah eksis sejak 1999 di Bogor. Sempat tidak begitu memerhatikan sepak terjang mereka saat bersama Bondan Prakoso, karena informasi soal kesuksesan proyek mereka cukup mendominasi. Kembali intens memperhatikan sejak "Pasti Bisa"dan "Selepas Hujan" wara-wiri di aplikasi streaming smartphone saya.

Singkat cerita, demi mengabadikan proses peluncurannya saya berhasil juga menepi di Camora Pandu Raya. Meski di luar sedang hujan, acara yang 1 jam seperti tak berasa dan tidak menyurutkan semangat dari Fade2Black, Rezpector (nama fans Fade2Black) dan teman teman dari Bogor untuk datang dan menyaksikan release party tersebut. Fade2Black pun beraksi dengan lagu lagu terbaik mereka yang membuat penonton sing along di antara gerimis yang hingga mendekati pungkasan masih rajin datang.

Oh iya…acara tersebut juga disiarkan secara live di salah satu radio kota Bogor sehingga teman yang tak datang bisa mendengarkan via radio. Strategi release party yang oke juga untuk ditiru band lain.

Setelah beberapa lagu yang familiar mereka bawakan, tibalah single "Cukup Dia" dibawakan. Terkejut juga ketika telinga saya diperdengarkan beat-beat aduhai dari single terbaru mereka itu. Setelah 2 tahun dari single terakhirnya “Saat Hujan” Fade2Black akhirnya merilis lagu baru bertemakan tentang cinta,  dalam ingatan saya mereka terhitung sangat jarang membawa lagu tentang cinta. Liriknya masih tetap kuat, saya menangkap Fade2Black seperti bercerita cinta dengan latar belakang cinta dewasa.

"Cukup Dia" adalah sebuah lagu ungkapan kesetiaan seorang pria kepada wanita yang dibalut oleh musik hip hop kekinian. Saya masih suka dengan cara mereka untuk selalu memaksa pendengarnya berfikir bak metafora lirik khas yang mudah dimengerti tapi sulit dipahami. Ya itulah mereka, perlu kecerdasan sedikit untuk jeli melihat pesan dari lirik Fade2Black.

Kalau boleh jujur, "Cukup Dia" memang bukan lagu standar hip hop industri tanah air. Di single ini mereka tidak berbicara tentang narsistik dan egotrip seperti yang sedang ramai dibicarakan. Ah…saya jadi setuju dengan ungkapan di rilis mereka jika rapper lain terdengar seperti Drake, Fade2Black sangat ringan sekaligus berat seperti Common di album Electric Circus.

"Cukup Dia" itu berbeda, sukses terus Fade2Black.

Tidak ada komentar