Terbaru

Tawa Sepi dan "Mata Indah" Aina Singers


HujanMusik!, Bogor – Mana yang KawanHujan pilih, Raisa atau Isyana? Baby Spice atau Posh Spice? Bening atau Blink? Ayu Ting Ting atau Nicole Scherzinger? Nah loh! Pilihan yang sulit, bukan? Karena semuanya cantik, bahkan mungkin yang terbaik.

Pertanyaan tersebut tiba-tiba muncul sesaat setelah saya mendengarkan lagu-lagu Aina Singers melalui Compact Disc (CD) pemberian Leni saat bertemu di d'hook minggu lalu. Di luar sedang hujan dan stok kopi liong habis, ah tersiksa. Akhirnya, saya memutuskan untuk menulis tentang Aina sambil menyimak materi "Tawa Sepi", album kedua mereka yang dirilis Venmara Production.

Saya belum pernah tahu album pertama mereka, tapi setelah mendengarkan album keduanya, saya bisa membaca warna musik dan karakter grup vokal asal Bogor ini. Musiknya ringan khas vokal grup, liriknya tidak terlalu berat, personil yang muda dan cantik masih jadi andalan.

Aina Singers atau Aina merupakan sebuah vokal grup wanita yang terbentuk di akhir tahun 2013 di kota hujan Bogor. Awalnya mereka hanya beranggotakan dua orang wanita, dan sempat menelurkan sebuah album kompilasi kecil yang dikhususkan untuk souvenir pesta ulang tahun. Namun sebelum merilis album perdana, kedua personel Aina mengundurkan diri dan proyek album pun tersendat. 

Menyatukan visi dan misi serta mewujudkan cita-cita memang tak pernah mudah. Begitu pula Aina. Setelah ditinggal dua personilnya dan mendapat banyak pertanyaan juga pernyataan yang cenderung negatif, Aina dapat menyelesaikan album perdana pada akhir tahun 2014 dan rilis di tahun 2015. Di album perdananya, sang produser, Leni Mustikawati, membentuk Aina menjadi 4 personil. Sebuah album Pop Religi yang berjudul "Satu Nama Cinta“ pun lahir. 

Menurut Leni, album "Satu Nama Cinta" mendapat sambutan di luar ekspektasi pihaknya. Penjualan CD diatas 1200 keping dalam kurun waktu kurang dari satu tahun merupakan sebuah pencapaian luar biasa untuk keluarga besar Aina.

“Dengan perjuangan yang melelahkan, menurut kami jumlah tersebut cukup memuaskan dan menjadi obat lelah semua pihak yang terlibat. Atas keberhasilan tersebut, kami, Venmara Production, sebagai perusahaan sekaligus label, memberikan apresiasi kepada Aina Singers dengan memberikan piagam penghargaan kepada masing masing personelnya," ungkap Leni dalam sebuah rilis.

Selain CD, waktu itu Aina juga bekerjasama dengan salah satu provider ternama di Indonesia guna merilis Ring Back Tone (RBT) Aina Singers. Lagi-lagi hasilnya memuaskan.

"RBT kami masuk sepuluh besar dari 100 lagu yang ada saat itu. Trafficnya mencapai puluhan ribu downloader hingga saat ini," jelas Leni. 

Aina, yang mempunyai arti mata yang indah/cantik merilis single "Lentera Hati Ibu" pada akhir tahun 2016. Kemudian, single tersebut menjadi pemicu lahirnya album kedua vokal grup yang beranggotakan Mega, Shinta, dan Tania itu. Bermaterikan 6 lagu dan 3 musik minus one, album "Tawa Sepi" rilis di awal tahun 2017. 

Banyak lagu yang jadi jagoan Aina di album ini, diantaranya adalah "Tawa Sepi", "Untukmu" dan "Keegoisanmu". Lagu tentang kasih sayang seorang ayah yang berjudul "Papap" menjadi nomor pamungkas. Sementara, menurut HujanMusik!, lagu "Lentera Hati Ibu" merupakan karya terbaik Aina bersama "Middle of Nowhere" di album keduanya. Komposisi musik Lentera Hati Ibu termasuk sederhana, dentingan tuts keyboard menemani harmoni lirik penuh arti yang dilantunkan ketiga dara Aina. Sementara, "Middle of Nowhere" sedikit mengembalikan ingatan pada band 90-an, Shaden. Lagu itu bertempo agak ceria, diisi vokal tipikal perempuan yang sedang beranjak dewasa, serta lirik yang mudah dicerna. 

Lagu-lagu Aina sudah bisa dinikmati di semua provider musik, internet dan lainnya. Sampai saat ini cd album Aina sudah menyebar ke berbagai kota di Indonesia. Bahkan, dengan bantuan berbagai pihak, album Aina berhasil sampai ke luar negeri seperti Kanada dan Amerika dan beberapa negara di Asia. 

“Harapan kami di album kedua ini adalah agar bisa terus mengembangkan karya agar masyarakat mempunyai koleksi lagu kami untuk diperdengarkan dengan baik. Terima kasih atas dukungan warga Bogor khususnya, pemerintah setempat, juga para event organizer yang ada, juga semua pihak yang memberikan kesempatan dan menghargai bakat-bakat baru yang mempunyai karya untuk berkontribusi di industri musik," tutup Leni.


Walau belum memiliki karakter kuat, kehadiran Aina bisa menjadi alternatif baru bagi para pecinta musik pop. Semoga saja, karya Aina bisa selalu seindah arti nama mereka, dan menambah daftar dalam pertanyaan saya di awal tulisan. Aina atau AB Three? Semoga.

Tidak ada komentar