Artikel : Rizza Hujan

HujanMusik!, Bogor – Istilah pop, yang merupakan akronim kata populer, memang terasa pas untuk merepresentasikan sebuah harmoni yang ramah di telinga, dan karena itu pula pop digemari dan didengar luas di seluruh dunia. Bicara tentang genre musik pop Indonesia, maka tidak bisa dipisahkan dari band legendaris, Koes Plus, yang melejit di era 1970-an. Lagu-lagu Koes Plus masih banyak didengar hingga sekarang dan mereka memang jadi salah satu sumber inspirasi bagi musisi masa kini.

Jauh setelah era Koes Plus berakhir, pop masih jadi bintang utama dalam belantika musik dunia, termasuk Indonesia. Genre ini tidak pernah kekurangan stok, regenerasi alamiah berlangsung dengan baik. Band dan penyanyi pop terus bermunculan dari banyak daerah di Indonesia.

Nah…kemarin, selagi ngopi di Rumah Kopi Nuland, Doyo, drummer Superiots yang mirip Gading Martin, bilang, “Syam udah ngeluarin single, bro. Recordingnya di sini.”

“Oh enya si Syam, mang,” Brok merespon duluan.

Syam itu teman kampus saya dulu dan dia memang dikenal punya suara merdu. Sempat menjadi vokalis beberapa band beraliran pop, Robbin dan Sensei di antaranya.

Pulang dari Nuland, saya langsung kontak Samsul Bahri alias Syam. Katanya, single baru dia yang berjudul “Semua Rasa” sudah rilis dan disebar ke sekitar 700 radio di seluruh Indonesia.

“Mudah-mudahan banyak yang request,” kata Syam.

Dalam penggarapan “Semua Rasa”, Syam menggandeng beberapa musisi lokal seperti Doyo Superiots yang mengisi drum, Bimbim Superiots, akustik dan blok gitar, lalu ada Bomen mengisi lead gitar dan juga bass. Selain itu, dia bekerjasama dengan eksekutif produser guna mempermudah pendistribusian lagu. Hanya saja, masih bergerak sendiri tanpa dinaungi label.

Dari sisi aransemen musik, lagu yang diciptakan sendiri oleh sang penyanyi ini masih bermain di ranah pop.

“Yang umum dan paling menjual kan pop, cuma sekarang nggak terlalu mendayu-dayu. Penyegaran lah, bro,”

Selain radio, Syam juga akan merilis video klip dan akan diunggah ke youtube minggu ini. Promo di sosial media juga akan segera diluncurkan.

“Mudah-mudahan materinya aman dan bisa membahana di langit musik Indonesia,” begitu harapan musisi asal Katulampa, Bogor ini.

(Visited 10 times, 1 visits today)