Terbaru

3senar Says Hello

Foto : 3senar

HujanMusik!, Bogor - Tak henti-henti saya takjub setiap kali bertemu dan ngobrol dengan para penggiat musik di Bogor.  Mendengar karya mereka semakin menunjukkan bahwa Bogor punya banyak musisi berpotensi dengan ragam warna selera dan karya.

Itu pula yang saya rasakan ketika mampir ke homebase 3senar di bilangan Rancamaya. Terdiri dari Bhanu (gitar, vokal), Sukma (biola, vokal), dan Irfan (cello), 3senar siap mewarnai pergerakan musik Bogor dengan sentuhan yang berbeda.

Apa yang berbeda itu? Dari instrument yang dimainkan saja sudah berbeda. Jarang kita melihat formasi gitar+vocal, dipadu biola dan cello yang turut serta jadi bunyi utama. Awalnya saya pikir akan mendengar komposisi seperti milik Tiga Pagi atau Banda Neira, minimal nyerempet-nyerempet sedikit seperti Nosstress atau Dialog Dini Hari. Ternyata tidak. 3senar punya cara sendiri dalam menyapa.

“Kita coba membawakan lagu pop, rock, tapi dengan sentuhan klasik,” begitu kata Bhanu yang juga merupakan composer dan songwriter 3senar.

Meskipun konsep akustik sedang tren belakangan ini, tapi Bhanu menepis kalau 3senar hanya ikut-ikutan. Sebaliknya, Bhanu telah memimpikan formasi seperti ini sejak lama. Kecintaannya terhadap musik dan semangatnya untuk berkarya membuat Bhanu berjelajah hingga menemukan Sukma dan Irfan. Bersama dua rekannya itulah, mereka mengolah irama dan merangkumnya dalam 3senar.

“3senar ingin menciptakan suara yang bisa didengar semua orang, jadi orang tua atau anak muda pun bisa,” tambah Sukma, yang selalu tersenyum sambil sesekali merapikan kerudungnya.

Saat ini 3senar sedang  memproses album pertama berisi empat materi lagu. Sebuah langkah yang cukup berani dan ambisius mengingat mereka baru berdiri pada November 2016 lalu.

Tapi ambisi itu memang masuk akal. Dari segi musikalitas, tiga musisi berbeda usia ini punya basic yang patut diperhitungkan. Irfan adalah salah satu angkatan pertama dari SMK Musik Cibinong yang baru saja lulus, Sukma sudah belajar biola sejak SMP dan sekarang menjadi pengajar di salah satu sekolah musik di Bogor, sedangkah Bhanu adalah lulusan dari salah satu sekolah musik di Malaysia.

Dalam rangka memperkenalkan musiknya, 3senar sering tampil dalam beragam acara di beberapa kota seperti Bogor, Jakarta dan Bandung. Beberapa di antara penampilan itu mereka unggah di kanal YouTube 3senar, yang juga memuat kreasi mereka dalam mengcover beragam lagu.

Pun, mendengar single pertama mereka berjudul “Hello” yang klipnya akan segera rilis dalam waktu dekat ini, memperlihatkan bahwa kesiapan mereka sudah matang, tinggal disantap. Bhanu bahkan menjelaskan, “Lagu Hello sebenarnya sudah ada sejak lama, tapi baru ketemu warnanya sekarang.”

Dengan komposisi yang manis, “Hello” bercerita tentang merindukan seseorang yang sulit dihubungi. Nuansanya catchy sekaligus lembut, tapi menyimpan rindu yang menggebu-gebu. Cocok sekali untuk dimasukkan dalam daftar lagu rindu terbaik milik KawanHujan.

Karena berpisah dengan seseorang yang dikasihi memang tidak enak, apalagi setelah rindu menjalar dan keinginan bertemu seakan tak bisa dibendung lagi, hingga yang bisa diucapkan hanya “Would you come home now…”

Tidak ada komentar